Bersabar Untuk Torehan Terbaik


Menoreh atau mengukir kayu adalah proses penting pembuatan pin kayu sebagai karya kerajinan tangan, sebagaimana sudah kita bahas pada postingan terdahulu. Hasil torehan atau ukiran yang baik akan menentukan kualitas handicraft yang dihasilkan.

Pengecatan atau pewarnaan mungkin dapat menyamarkan torehan yang buruk, tetapi mata yang jeli dapat menilainya sebagai karya yang kurang baik. Misalnya, terdapat serabut-serabut yang tidak semestinya pada permukaan cekung, atau garis 'parit' yang tidak lurus sempurna. Hal-hal tersebut tentu mengurangi kepuasan pembuat maupun pengguna hasil akhirnya.

Tangan yang sudah terampil sekalipun dapat saja menghasilkan karya yang kurang baik disebabkan oleh beberapa hal:

Pertama, kurang fokus. Perlu selalu diingat, bahwa kita bekerja dengan menggunakan alat pisau ukir yang tajam, karenanya kehati-hatian adalah hal yang mutlak. Hindari mengukir dalam keadaan yang sangat lelah atau 'setengah tidur'.

Kedua, kayu yang kelewat keras. Meskipun kayu yang keras akan menghasilkan karya yang lebih baik, tapi kalau terlalu keras akan membutuhkan ekstra tenaga dan kesabaran. Bukan tidak mungkin untuk diolah, tetapi membutuhkan lebih banyak pengorbanan.

Ketiga, desain sket yang terlalu rumit. Pin kayu atau gantungan kunci kayu adalah produk yang sudah kecil dimensinya, jadi sebaiknya desainnya tidak usah ditambah lagi kerumitannya sedemikian rupa hingga sulit dikerjakan. KECUALI, jika memang hanya digunakan untuk hobi dan kepuasan pribadi, silakan membuat satu gantungan kunci dalam waktu berapa lama pun.

Ketiga hal diatas bukan menjadi halangan berarti, jika kita tetap memiliki senjata utama berupa kesabaran. Sabar adalah kunci untuk menyelesaikan torehan pada pin kayu kita betapapun rumit dan beratnya.

Jika Anda membayangkan lamanya proses sebuah pin dikerjakan, karena ini bukan hasil printing atau cetak, maka apatah lagi jika kita berbicara tentang ribuan keping pin yang harus dibuat. Tanpa sabar, maka tak ada konsistensi kualitas dalam hasilnya.

Nah, selamat mencoba menoreh dan membuat pin kayu atau gantungan kunci kayu.

Post a Comment